Tuesday 20 March 2018

Jenis Cryptocurrency : Transaksional, Platform dan Utilitas



Sekarang kita sedang berdiri didunia baru, dimana mata uang tidak hanya terbatas mata uang fisik, melainkan berupa mata uang digital yang disebut dengan cryptocurrency. Jenis cryptocurrency meliputi transaksional, platform dan utilitas. Semua kalangan, tidak hanya kalangan elit sekarang berpartisipasi karena cryptocurrency ini memberikan efek yang besar terhadap ekonomi. Sekarang paradigma dunia berubah, dimana internet membuat pergeseran stigma ekonomi.
Semua orang tidak peduli status ekonomi, derajat keluarga, relasi, akan memanfaatkan peluang ini. Tidak hanya konsep uang yang berubah, tetapi juga langkah pembayaran dan segala macam transaksi juga berubah menjadi digitalisasi.
Salah satu contoh cryptocurrency sekarang adalah bitcoin. Bitcoin penjualannya menjadi meningkat dan sangat mahal. Hal ini mendorong manusia untuk membelinya dan menjadikan aset keuangan digital. Melihat prospeknya yang tajam, membuat banyak orang berusaha mendapatkannya baik dengan menambang (mining) dan membelinya lansung (Exchange).
Sejarah Paradigma Cryptocurrency
Pergeseran transaksi manusia berubah dari fisik dan trading komoditas, menjadi trading digital. Selanjutnya, koin dan uang kertas akan ditinggalkan untuk media pembayaran. Transfer uang global sekarang, mulai terintegrasi secara digital, sehingga membuat interkoneksi antar pasar dunia, dan akibatnya merubah paradigma ekonomi global.
Sekarang, kita mulai bergeser untuk mata uang digital. Perubahan dunia berupa diciptakannya blockchain yang harus dipecahkan dan menemukan mata uang digital (sering disebut dengan menambang/mining). Angka pertukarannya juga meningkat sehingga dewasa ini dijadikan sebagai alat investasi yang menjanjikan.
Paradigma Cryptocurrency Sekarang
Baik bitcoin dan ripple, telah menjadi perhatian publik dan pergerakannya sangat pesat dalam dunia cryptocurrency. Orang dari berbagai sudut kehidupan melompat dan mengambil langkah spekulatif pada cryptocurrency ini. Cerita berawal dari seseorang yang membeli ratusan koin dengan harga hanya ribuan dollar, kemudian dalam beberapa tahun koin tersebut berubah menjadi jutaan dollar.
Prinsip ini sesuai dengan prinsip investasi, dimana spekulasi yang matang akan mendatangkan keuntungan yang berlipat. Disisi lain, banyak yang membahas tentang blockchain dan cryptocurrency. Sepertihalnya investasi tradisional, kuncinya adalah membuat profit yang konsisten dengan aset digital. Ketika anda mengetahui prinsip dasar bagaimana teknologi blockchain dan cryptocurrency bekerja, maka membuat anda semakin mudah untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi cryptocurrency termasuk bitcoin yang dewasa ini menjamur.
Jenis Cryptocurrency
Masing-masing cryptocurrency memecahkan masalah dan dibagi menjadi tiga kategori besar. Kategori ini melipti transaksional, platform dan utilitas. Ini sangat penting dicatat bahwa beberapa cryptocurrency dapat termasuk lebih dari satu kategori. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut ini.
1.         Cryptocurrency Transaksional
Kategori ini merupakan kategori awal dari prinsip cryptocurrency. Kategori ini mendesign uang dan pertukarannya dengan pelayanan terbaik. Bitcoin, litecoin dan coin lainnya termasuk dalam kategori ini. Cryptocurrency transaksional akan mengeliminasi pengaruh keuangan pemerintahan. Beberapa bentuk cryptocurrency akan menggantikan alat tukar biasa dikemudian hari, meskipun sekarang pertukaran crypto ini masih tergantung dari bank sentral. Artinya bila anda ingin beli bitcoin, haruslah menukarkan dengan uang di bank terdekat anda.
2.         Cryptocurrency Platform
Kategori kedua, disebut dengan platform dimana kategori ini didesign untuk kalangan menengah, membuat market dan menjadi tulang punggung suatu aplikasi di masa datang. Etherium adalah contoh primer dari cryptocurrency platform. Etherium adalah platform desentralisasi yang digunakan pada kontrak cerdas di masa datang. Kontrak cerdas ini berupa aplikasi yang berjalan dibawah pemograman tanpa adanya kerugian dan pembobolan, serta pelemahan server. Etherium ini juga akan membangun banyak blok dari cryptocurrency terbaru.
3.         Cryptocurrency Utilitas
Kategori utilitas ini didesign dengan tugas sederhana. Ripple (XRP) adalah contoh dari cryptocurrency utilitas. Kategori ini didesign untuk transfer keuangan flat, dengan efisiensi penambangan tinggi, ekonomis, dan telah digunakan banyak bank serta institusi sekarang. Beberapa nama dari websitenya adlah UBS, BMO, Santander dan american Express.
Ingatlah bahwa setiap investasi akan memiliki risiko. Investasi pada cryptocurrency juga memiliki risiko. Meskipun sekarang paradigmanya sedang meningkat, tetapi juga tidak semua orang tahu cryptocurrency ini berapa lama akan bertahan dalam jangka panjang. Sehingga sebelum anda terjun ke dalam dunia ini, maka pelajarilah semua tentang cryptocurrency.
comments

No comments: