Thursday 28 September 2017

KONSEP APLIKASI ALLMEDIA NEWS


KONSEP APLIKASI ALLMEDIA NEWS
By Agung Tri Atmaja

Informasi masa kini berjalan dengan cepat, seiring dengan  percepatan informasi tersebut maka di perlukan sebuah platform yang mencakup semua aspek kehidupan manusia. Baik dalam bidang informasi berita politik, News, Games, Kesehatan, Gadget, Pendidikan, dan teknologi. Semua itu perlu di integrasikan dengan social media. Mengingat social media saat ini bagaikan air yang terus mengalir, selalu di butuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Saya akan mengembangkan sebuah aplikasi yang mencakup berbagai aspek kehidupan guna mempercepat penyebaran informasi yang terintegrasikan dengan berbagai social media yang akan saya kemas secara apik dan menarik juga mencakup semua golongan usia.

Aplikasi tersebut akan saya beri nama “ALLMEDIA NEWS” aplikasi ini akan menjadi aplikasi yang mencakup semua artikel dan diskusi dalam penyebaran informasi masa kini dari berbagai web,blog beserta forum, semua di satukan dalam 1 aplikasi. Fitur yang akan saya sediakan yaitu : Search, Kategori artikel ( News, Politik, Games, Kesehatan, Gadget, Pendidikan, dan Teknologi ), User Login, dan kolom komentar beserta integrasi sharing ke berbagai social media (Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram, Google Plus) dan Premium User.

Aplikasi ini dapat di gunakan oleh semua golongan usia dari anak-anak hingga dewasa. Di dalam aplikasi “ALLMEDIA NEWS” akan terdapat sub kategori yang lebih mendetail dari kategori yang tersedia. Aplikasi ini juga terdapat integrasi sharing ke berbagai social media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram dan Google Plus.


Untuk dapat mengakses aplikasi ALLMEDIA NEWS akan di minta mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi member. Untuk menjadi member hanya membutuhkan Nama Lengkap, Asal Kota, E-mail dan Password. Setelah mendaftar kami akan mengirimkan url ke email guna untuk mengkonfirmasi pembuatan akun tersebut. Atau pengguna juga bisa langsung melakukan direct login melalui akun Facebook.

Berikut adalah fitur yang tersedia dalam aplikasi :

  • Search



Fitur ini akan memudahkan pengguna dalam mencari artikel dengan kategori yang di inginkan dan terdapat di berbagai media informasi terkini.


  • Kategori Artikel
Aplikasi ini memiliki berbagai kategori, di antaranya : News, Politik,Games, Kesehatan, Gadget, Pendidikan, dan Teknologi. Fitur ini digunakan untuk mensortir artikel dari berbagai macam jenis media ke dalam 1 kategori artikel.
Fitur ini memudahkan pengguna untuk mencari suatu artikel di dalam aplikasi ALLMEDIA NEWS APPS.


  • User Login

Kegunaan login adalah agar pengguna dapat masuk dan mengakses accountnya setelah dilakukan validasi yang biasanya berupa username dan password.

  • Komentar
Kolom komentar yang terdapat dibawah artikel ini adalah salah satu cara untuk menampung semua kritik&saran dari pengguna sekalian untuk menanggapi artikel.

  • Premium User
Kami menyediakan Premium User untuk pengguna yang ingin mendapatkan    akses lebih lanjut dalam aplikasi dan terbebas dari iklan yang ada di aplikasi. Pengguna juga akan terbebas dari captha apabila ingin berkomentar di kolom yang di sediakan. Selain itu, fitur Premium User juga akan memungkinkan pengguna dapat berinteraksi sesama pengguna Premium User lainnya di dalam suatu forum khusus yang hanya dapat di akses oleh Premium User.


Tata Cara Penggunaan Aplikasi :
1. Pengguna harus mendaftar terlebih dahulu menjadi member atau bisa langsung login  melalui akun facebook.

2. Setelah anda melakukan login, pengguna bisa memilih artikel yang anda inginkan dengan menggunakan fitur kategori di aplikasi ini. Pengguna juga dapat memakai fitur Search di aplikasi untuk mencari keyword artikel/berita yang di inginkan.

3. Apabila pengguna ingin mendapatkan akses lebih, bisa dengan mendaftar menjadi  Premium User.

4. Pengguna dapat menggunakan kolom komentar untuk berdiskusi sesama user lain.

5. Terdapat fitur sharing ke berbagai social media yang dapat memudahkan pengguna untuk membagikan artikel yang sedang banyak di perbincangkan

Aplikasi ini akan bekerja sama dengan platform2 media online resmi seperti kaskus.co.id, detik.com, okezone.com, antaranews.com, kompas.com, cnnindonesia.com, beritajakarta.com, republika.co.id, kapanlagi.com, tempointeraktif.com, suaramerdeka.com, tribunnews.com, suara.com, merdeka.com, viva.co.id, kompasiana.com,  dan republika.co.id akan di kombinasikan menjadi dalam 1 aplikasi untuk memudahkan penyebaran informasi digital.
Aplikasi ini di dedikasikan untuk Universitas Mercubuana dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Dasar Pemrogaman pada Fakultas Ilmu Komputer Progam Studi Sistem Informasi. 


comments

No comments: