Monday 19 June 2017

Cara Meningkatkan Kemampuan Kinerja Otak Kita

  1. Olahraga

  


Kesehatan - sangatlah penting bagi tubuh jika tubuh sehat maka penyakit tidak akan mudah menyerang tubuh dan untuk mendapatkan kesehatan yang baik untuk tubuh di perlukan suatu olahraga. Olahraga merupakan aktifitas untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.  Macam – Macam Olahraga yang baik untuk kesehatan sangatlah banyak dari yang ringan sampai olahraga yang berat. Olahraga yang baik untuk kesehatan akan menjadikan tubuh menjadi segar sehat dan lebih bergairah.
Jika seorang malas olahraga maka kesehatan akan buruk dan dapat menjadi sumber banyak penyakit di dalam tubuh. Tapi jika seorang rutin dan rajin Olahraga yang baik untuk kesehatan maka tubuh yang sehat yang akan di dapatkan.

 2. Mendengar musik


Tahukah anda bahwa studi ilmiah telah menemukan bahwa musik memang benar-benar bisa mengubah suasana hati kita, dan bahkan bisa membantu kita untuk berkonsentrasi. Para ahli telah melihat efek musik yang memiliki kekuatan yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengikuti sebuah perlombaan, mempersiapkan ujian, atau menghilangkan stres. Tentang musik, Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan lagu bisa memberikan efek yang nyata pada berbagai bagian otak yang bertanggung jawab terhadap beberapa aspek, seperti memori dan visual.
Menurut seorang psikolog dari London, Dr Victoria, mendengarkan musik bisa mempengaruhi reaksi yang sangat luas dalam tubuh dan pikiran,dan beberapa bagian otak bisa diaktifkan oleh sebuah musik. Sebuah penelitian terbaru di Kanada menunjukkan bahwa ada hubungan kausal yang nyata antara musik dan sistem reward, yaitu bagian inti dari otak yang bereaksi terhadap rangsangan yang positif bagi kita seperti makan, minum, dan memperkuat perilaku ini agar kita melakukannya lagi.

3. Konsumsi Makanan Sehat


Salah satu makanan terbaik untuk otak adalah madu. Madu merupakan campuran lezat vitamin, zat mineral, bio-hormon serta enzim yang dapat merangsang kerja otak dan membantu Anda berkonsentrasi lebih baik serta mengusir stres.
Dua sendok makan madu yang diminum setiap hari setelah sarapan akan membawa berbagai kejaiban untuk Anda.

4. Tidur yang cukup 


Apapun jenis pekerjaan yang Anda miliki, jangan pernah lewatkan kesempatan untuk memenuhi jam tidur setiap hari. Tak bisa dianggap remeh, cukup tidur nyatanya juga turut memberikan kontribusi terhadap kesehatan otak dan kemampuan berpikir Anda setiap hari.
"Jika semalam Anda kurang tidur, maka akan meningkatkan konsentrasi dua molekul pada darah di pagi hari, yaitu enzim neuronal atau neuronal enzyme (NSE) dan kalsium pengikat protein S-100B. Kondisi ini terutama terjadi pada pria berusia muda," ujar Christian Benedict, dari Department of Neuroscience, Uppsala University, Swedia.
Molekul-molekul ini biasanya ditemukan di otak. Dengan demikian, kenaikan kadar keduanya dalam darah di pagi hari menunjukkan bahwa kurang tidur berpotensi mengurangi jaringan otak.
Untuk mencapai kesimpulan tersebut, para peneliti mengkaji 15 pria dengan berat badan normal. Mereka kemudian diminta untuk mengurangi jam tidur mereka selama satu malam. Kemudian di beberapa hari kemudian mereka diminta untuk tidur selama kurang lebih delapan jam."Peningkatan konsentrasi darah dari dua molekul otak pada responden yang kurang tidur mengarah pada kerusakan otak. Oleh sebab itu, hasil pengamatan kami menunjukkan bahwa kurang tidur dapat berisiko meningkatkan proses neuro-degeneratif," tulis studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Sleep tersebut.
Para peneliti menyimpulkan bahwa tidur malam yang baik sangat mungkin untuk berperan dalam kesehatan fungsi saraf pada manusia. Selain dapat membantu meningkatkan daya ingat, tidur cukup juga dapat mencegah peradangan, memicu kreativitas, meningkatkan prestasi belajar, mengurangi stres, dan bahkan menurunkan berat badan. Sementara selain mengganggu sistem saraf di otak, kurang tidur dapat menghambat pelepasan growth hormone pada tubuh. Sebab pelepasan growth hormone yang mengatur regenerasi sel akan sangat optimal terjadi jika seseorang tidur selama 6-8 jam.

5. Banyak tertawa


Fakta yang menunjukkan tertawa bisa meredakan stres dibuktikan dengan menonton film lucu dapat mengurangi tingkat produksi kortisol bahkan meningkatkan kinerja memori di otak. tertawa merupakan cara meningkatkan daya ingat yang murah.
Banyak tertawa dapat melepas endorphin dan dopamine di otak, yakni hormone yang menghasilkan perasaan nyaman dan nikmat. Tertawa juga mengubah neurokimia di otak yang dapat memprodukdi frekuensi gelombang gamma lebih banyak dan dapat memperpanjang daya ingat. 

6. Meditasi/Berdoa


Berdoa ternyata memberikan dampak positif bagi kesehatan dan produktifitas kita baik dalam hal belajar, maupun bekerja. Dr. Andrew Newberg, profesor di bidang radiologi, psikologi, dan studi religi di University of Pennsylvania dan salah satu pendiri Penn’s Center for Spirituality and the Mind, juga menggungkapkan :  Ketika kita berdoa, tubuh, jiwa, roh menjadi tenang dan berjalan dalam sebuah keharmonisan, hasilnya kita mendapatkan keseimbangan tubuh yang bermanfaat luar biasa untuk kesehatan. 
comments

11 comments:

Darma Jati Prasetyo said...

artikelnya sangan bermanfaat gan :D

Anonymous said...

Mendengarkan musik bener tuh, apalagi musik klasik.Otak jadi jernih

Unknown said...

bener tuh semua udah ane lakuin dan nyatanya orak ane kembali kerja setelah dengan lagu

Rusdan FT said...

Memang sangat penting sekali aktivitas sehari - hari sehingga bisa dapat membuat kita menjadi sehat dan akrab dengan melakukan aktivitas tersebut... :-)

Anonymous said...

selain meningkatkan kinerja otak, olahraga juga sangat penting bagi kesehatan

Zinedine said...

Iya nih beribadah/berdoa memang meningkatkan konsentrasi hehe

Herdin, A.Md said...

Terimakasih Atas Informasinya semoga Bernilai Pahala. Aamiin

http://cara-memperbaikitv.blogspot.co.id/

Dyrama said...

Tidur yang cukup ye bukan tidur yang banyak wkwkwk :v

Dyrama said...

http://sendypp.blogspot.co.id/2017/07/cara-tethering-koneksi-http-injector-ke.html

Unknown said...

poin terakhir bener sekali,entah kenapa kalo selesai salat otak kaya bisa diajak buat menerima lagi pelajaran

Muhammad Elfanza said...

mantap gan :D