Saturday 30 April 2016

iPhone SE: Bodi Mungil, Performa Gahar


Jakarta - Meski dua tahun sebelumnya Apple merilis ponsel dengan layar lebih lebar, iPhone 4 inch masih tetap diburu konsumen. Menurut catatan Apple, penjualannya masih tembus 30 juta unit sepanjang 2015. 

Jadi tidak heran bila Apple merilis kembali iPhone dengan layar 4 inch. Selain mewujudkan keinginan konsumen, tentulah mereka ingin menambah pundi-pundi keuntungan mengingat penjualan iPhone 6S tidak sebagus sebelumnya.

Kehadiran iPhone 4 inch yang anyar ini sudah tercium dari dua tahun lalu. Sejumlah bocoran foto mengungkapkan kehadirannya. Ponsel ini pernah diisukan akan bernama iPhone 6C, sempat pula dikira iPhone 5SE.

Tapi Apple lebih memilih menamakan ponselnya itu dengan iPhone SE. Banyak yang menebak SE ini adalah special edition. Asumsi tersebut mengacu pada sejumlah produk Apple terdahulu yang mengusung kode yang sama.

iPhone SE secara resmi diperkenalkan 21 Maret 2016 dan mulai dipasarkan pada 31 Maret 2016. Ponsel ini hadir dengan empat varian warna: space gray, silver, gold dan rose gold. 

Apple menyematkan spesifikasi yang mirip dengan iPhone 6S. Namun dibalut dengan desain iPhone 5S. Agar makin memikat, perusahaan berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu menyematkan sejumlah fitur baru di dalamnya.

Lantas bagaimana performanya? Beruntung detikINET dapat menjajalnya tidak lama setelah ponsel ini dilempar ke pasaran. Berikut ulasan lengkapnya. 

Desain Lawas

Seperti disinggung dimuka, Apple membesut ponsel ini mirip iPhone 5S. Jadi tidak ada pembaruan sama sekali. Hal inilah yang disesalkan para fan boy, mereka punya harapan iPhone SE tampil bak iPhone 6S namun dengan layar 4 inch.

Performa Gahar

Apple membekali iPhone SE dengan prosesor A9 dan RAM 2 GB. Spesifikasi ini sama seperti dimiliki iPhone 6S. Alhasil membuat performanya ngacir. 

Ini dibuktikan dengan pengujian benchmark. Pertama detikINET menguji menggunakan Antutu, hasilnya 115.230. Hampir melampaui perolehan Samsung Galaxy S7 yang mendapatkan skor 134.599 yang tercatat di data Antutu.

Kamera Mumpuni

Apple menyematkan kamera yang sama dengan iPhone 6S. Di mana ukurannya 12 megapixel dengan bukaan f/2.2. Jadi kualitasnya sebanding dengan iPhone 6S. Saat kami menjajalnya, baik di dalam mauapun luar ruangan, hasil jepretan tetap oke. Berikut beberapa hasil foto dari kamera iPhone SE

Fitur

iPhone SE memang dilengkapi dengan sensor sidik jari. Apple menyebutnya sebagai Touch ID. Namun sensor sidik jari ini tak sama dengan sensor yang ada di iPhone 6S, karena Apple menggunakan Touch ID generasi satu, seperti yang ada di iPhone 5S.



comments

No comments: