Sunday 2 August 2015

Sosiologi : Perubahan Sosial

Pengertian Perubahan Sosial

1. Selo Soemarjan : Menyatakan bahwa perubahan sosial adalah perbuahan pada lembaga lembaga kemaysarakatan yang mempengaruhi sistem sosialnya,termasuk nilai nilai,sikap,Dan perikalku di antara kelompok kelompok dalam masyarakat.
2. Kingsley Davis : Menyatakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur Dan fungsi masyarakat.Misalnya, timbulnya peng organisasian buruh dalam masyarakat kapitalis telah menyebabkan terjadinya perubahan perubahan dalam hubungan antara buruh dengan majikan.
3.Samuel Koennig : Menyatakan Bahwa perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalamn pola-pola kehidupan manusia
4. William F. Ogburn ; menyatakan bahwa perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjadinya perubahan pada Aspek aspek kehidupan sosial,seperti kemajuan ilmu pengetahuan Dan teknologi yang sangat berpengaruh terhadap pola pikir masyarakat

1.Aspek Endogen
   Perubahan yang terjadi Dari dalam masyarakat merupakan Basil penemuan baru atau invention.Invention adalah proses di mana suatu unsur kebudayaan yang telah di hasilkan melalui kombinasi atau menyusun kembali kebudayaan yang telah ada dalam masyarakat

2.Aspen Eksogen
  Semua Kelompok masyarakat tidak bisa hidup sendiri.Kelompok masyarakat senantiasa berada di tengah tengah masyarakat lain.

Proses-proses dalam perubahan sosial.
1. Difusi
  Difusi adalah proses penyebaran unsur unsur kebudayaan Baru Dari individu satu dengan individu yang lainnya,Dari golongan satu ke golongan lainnya dalam suatu masyarakat,atau Dari suatu masyarakat ke masyarakat lainnya.

2. Akulturasi
  Akulturasi adalah Proses sosial yang timbul apabila suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu di hadapkan dengan unsur unsur kebudayaan asing,tetapi unsur unsur kebudayaan asing tidak menghilangkan sifat kebribadian kebudayaan asal

3.Asimilasi
  Asimilasi adalah Proses sosial tingkat lanjut yang timbul apabila terdapat golongan golongan manusia yang mempunyai latar kebudayaan berbeda sailing berinteraksi Dan bergaul secara langsung Dan intensif dalam waktu yang lama.

4.Akomodasi
  Akomodasi adalah suatu keadaan yang menunjuk pada keseimbangan dalam interaksi antar individu Dan kelompok sehubung dengan Norma Norma Dan nilai nilai sosial yang berlaku di masyarakat.

Faktor Faktor yang menyebabkan perubahan sosial dalam masyarakat.
1.Komunikasi
2.Virus N-Ach

Faktor Internal Perubahan Masyarakat :
1. Penemuan-penemuan Baru
2. Pertentangan/konflik
3. Pemberontakan/revolusi dalam masyarakat.

Faktor Eksternal Perubahan Masyarakat :
1. Lingkungan Alan
2. Peperangan
3. Pengaruh kebudayaan masyarakat main.

Faktor pendorong perubahan sosial:
1. Kontak dengan budaya lain
2. System pendidikan formal yang maju
3. Sikap menghargai hasil karya seseorang.
4. Penduduk yang heterogen
5. Orientasi ke masa depan

comments

No comments: